6 Kesalahan saat Charger HP yang Bisa Membuat Baterai Cepat Rusak

6 Kesalahan saat Charger HP yang Bisa Membuat Baterai Cepat Rusak - Berikut 6 kesalahan saat charger HP yang bisa membuat baterai cepat rusak. Baterai menjadi salah satu aspek yang sangat penting. Tanpa baterai, maka ponsel kita tidak bisa berfungsi.

Oleh karena itu, kesehatan baterai perlu dijaga agar ponsel tetap bisa digunakan dengan maksimal. Salah satu yang bisa diperhatikan untuk menjaga kesehatan baterai ponsel adalah dengan memerhatikan pengisian dayanya. Sebab, ada beberapa hal yang bisa merusak performa baterai ponsel saat sedang melakukan pengisian daya.

6 Kesalahan saat Charger HP yang Bisa Membuat Baterai Cepat Rusak

6 Kesalahan saat Charger HP yang Bisa Membuat Baterai Cepat Rusak

Apa saja? Kita cari tahu bersama, yuk!

1. Tidak Menggunakan Charge Asli

Salah satu kesalahan yang berakibat fatal adalah tidak menggunakan pengisi daya yang original, teman-teman. Sebab, penggunaan adapter dan kabel daya dengan kualitas yang masih diragukan, bisa merusak komponen baterai.

Untuk itu, jika teman-teman tidak ada adapter dan kabel yang asli, sebaiknya cari yang kualitasnya terpecaya, ya. Tak hanya itu saja, pastikan adapter dan kabel yang digunakan juga kompatibel dengan ponsel teman-teman.

2. Membiarkan Ponsel Mati Total

Biasanya, ponsel akan mengirimkan notifikasi pengisian daya ketika baterai sudah ada di bawah 20 persen. Ketika mendapat pemberitahuan ini, jangan menunda untuk mengisi daya baterai ponsel sampai tersisa nol ponsel.

Sebab, ketika ponsel berada di titik daya terendah, ponsel akan mengalami error dan kinerjanya menjadi lambat. Kalau ini dijadikan kebiasaan, maka lama kelamaan fungsi ponsel dan baterai menjadi berkurang bahkan rusak.

Selain jangan mengisi daya saat baterai sudah 0 persen, jangan pula melakukan pengisian daya hingga 100 persen, ya.

Sebab, hal ini bisa membuat masa pakai baterai terus berkurang. Untuk itu, cabut charger ketika menyentuh angka di bawah 98 persen.

3. Melakukan Pengisian Saat Baterai Masih Banyak

Biasanya, kita melakukan hal ini ketika akan bepergian jauh. Kita ingin memastikan baterai ponsel terisi penuh.

Padahal, pengisian daya ketika kapasitas baterai masih banyak justru akan memperpendek ketahanannya dalam jangka panjang, lo. Untuk menghindarinya, sebaiknya isi ulang baterai ketika sudah tinggal 20 persen ke bawah, ya.

4. Membiarkan Adapter di Stopkontak

Apakah teman-teman suka membiarkan adapter menempel pada stopkontak setelah ponsel penuh?Kalau iya, sebaiknya mulai sekarang teman-teman coba untuk mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan itu.

Memang benar, ponsel zaman sekarang bisa menghentikan pengisian daya ketika baterai sudah terisi penuh. Namun, kabel pengisian daya tetap bekerja untuk menghantarkan listrik. Untuk itu, jangan lupa segera mencabut adapter setelah penuh, ya.

5. Membiarkan Suhu Perangkat Tetap Panas

Ponsel biasanya akan mulai panas ketika sudah terlalu lama digunakan atau digunakan untuk aplikasi yang berat.

Ketika ponsel sudah cukup panas dan baterai habis, sebaiknya ponsel didiamkan terlebih dahulu baru kemudian diisi daya. Teman-teman bisa mencoba melepas casing smartphone agar suhu panas tidak terjebak dalam ponsel.

Sebab, pengisian daya ketika ponsel mulai cukup panas akan membuat ponsel memancarkan suhu yang lebih panas. Membiarkan ponsel dengan suhu tinggi bisa menekan baterai dan membuat kapasitasnya cepat berkurang.

6. Memainkan Ponsel saat Mengisi Daya

Di zaman seperti sekarang ini, ponsel menjadi kebutuhan utama. Semua aktivitas bisa dilakukan dengan ponsel. Hal ini membuat ponsel tetap saja digunakan dan dimainkan saat ponsel sedang mengisi daya.

Dilansir dari Kompas.com, kita tidak boleh bermain game atau menonton video menggunakan ponsel yang sedang dicas. Sebab, kebiasaan ini bisa membuat suhu perangkat menjadi panas sehingga membuat baterai menjadi boros.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Membeli Masa Aktif Kartu Telkomsel

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul 6 Kesalahan saat Charger HP yang Bisa Membuat Baterai Cepat Rusak, Tidak Menggunakan Charger Asli, https://kaltim.tribunnews.com/2022/12/26/6-kesalahan-saat-charger-hp-yang-bisa-membuat-baterai-cepat-rusak-tidak-menggunakan-charger-asli?page=all.

Posting Komentar untuk "6 Kesalahan saat Charger HP yang Bisa Membuat Baterai Cepat Rusak"